A. DOMAIN KOGNITIF
Domain kognitif dalam hal ini meliputi:
1. Pengetahuan
2. Pemahaman
3. Aplikasi
4. Analisis
5. Sintesis
6. Evaluasi
B. PENJELASAN ASPEK KOGNITIF
1.Pengetahuan
Pada tingkat pengetahuan, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan hapalan saja.
2.Pemahaman
Pada tingkat pemahaman,siswa dituntut untuk menyatakan masalah dengan kata-kata sendiri, memberi contoh suatu konsep.
3.Aplikasi
Pada tingkat aplikasi, siswa dituntut untuk menerapkan konsep dalam suatu situasi baru.
4.Analisis
Pada tingkat analisis, siswa diminta untuk menguraikan informasi ke dalam beberapa bagian, menemukan hubungan sebab akibat dari konsep-konsep dasar.
5.Sintesis
Pada tingkat sintesis, siswa dituntut menghasilkan suatu cerita atau hipotesis berdasarkan reorganize pengetahuannya.
6.Evaluasi
Pada tingkat evaluasi, siswa mengevaluasi informasi, seperti bukti kebenaran dari teori-teori (judgement).
C. DOMAIN AFEKTIF
Dalam penilaian afektif siswa ditanya mengenai responnya yang melibatkan sikap atau nilai yang telah tertanam dalam sanubarinya. Hal ini tidak dapat dideteksi dengan tes, tetapi salah satunya dapat menggunakan angket, misal sikap terhadap suatu mata pelajaran.
D. DOMAIN PSIKOMOTOR
Domain ini berhubungan erat dengan kerja otot sehingga menyebabkan geraknya tubuh atau bagian-bagiannya. Kemampuan psikomotor pada mata pelajaran dapat berbentuk gerak adaptif (terlatih), seperti bentuk keterampilan menggunakan peralatan laboratorium.
E. BENTUK TES
- Pilihan ganda
- Uraian obyektif
- Uraian non-obyektif / uraian bebas
- Jawaban singkat / isian singkat
- Menjodohkan
- Performans
- Portofolio
F. JENIS TAGIHAN
- Kuis
- Pertanyaan lisan di kelas
- Ulangan harian / formatif
- Tugas individu
- Tugas kelompok
- Ulangan blok / sumatif
- Laporan kerja praktik
- Ujian praktik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar