Secara garis besar alat evaluasi digolongkan menjadi dua macam, yaitu nontes dan tes. Maka dalam pelaksanaannya ada yang termasuk teknik nontes dan teknik tes.
A. TEKNIK NONTES
Teknik nontes dalam hal ini meliputi:
1. Skala Bertingkat (Rating Scale)
Skala yang menggambarkan suatu nilai yang berbentuk angka berdasarkan hasil pertimbangan.
Contoh:
Kecendrungan seseorang terhadap pelajaran matematika.
2. Kuesioner (Questioner)
a. Ditinjau dari siapa yang
menjawab
- Kuesioner langsung
- Kuesioner tidak langsung
b. Ditinjau dari segi cara menjawab
- Kuesioner tertutup
- Kuesioner terbuka
3. Daftar cocok (Check list)
4. Wawancara
a. Wawancara bebas
b. Wawancara terpimpin
5. Observasi
a. Observasi partisipan
b. Observasi sistematis
6. Riwayat hidup
B. TEKNIK TES
Tes adalah suatu alat ukur atau suatu prosedur yang sistematis dan obyektif untuk memperoleh data atau keterangan yang diperlukan tentang seseorang.
Ditinjau dari segi kegunaan untuk mengukur siswa, maka dibedakan atas tiga macam tes, yaitu:
1. Tes Diagnostik
Ditinjau dari fungsi, waktu dan titik berat penilaian.
Ditinjau dari fungsi, waktu dan titik berat penilaian.
3. Tes Sumatif
Ditinjau dari fungsi, waktu dan titik berat penilaian.
C. CIRI-CIRI TES YANG BAIK
1. Validitas
2. Reliabilitas
3. Obyektivitas
4. Praktikabilitas
5. Ekonomis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar